Keren! Mapala UI Akhirnya Capai Puncak Gunung Tertinggi di Antartika



Foto_by_Mapala_UI.PNG
Photo by Mapala UI

Mates, kamu pernah dengar kabar soal tim Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia (UI) yang belum lama ini berencana akan hiking ke gunung antartika, kan? Ya, tim Vinson Massif ternyata benar-benar melakukannya. Dan kerennya lagi, tim tersebut berhasil menginjakkan kaki pada puncak tertinggi di Antartika tersebut dalam ketinggian 4.987 mdpl.

 

Adapun tim berhasil mendaki puncak tertinggi pada 6 Januari 2018, pukul 16.30 waktu Chile, atau di Indonesia pada 7 Januari pukul 02.30 WIB.

 

Menurut keterangan manajer tim Mapala UI, Ade Wahyu, anggotanya bernama Dedi Satria menjadi salah satu orang yang berhasil menyelesaikan pendakian puncak ke-6. Pendakian tersebut diketahui merupakan program pendakian Seven Summits di dunia.

 

"Pencapaian ini benar-benar luar biasa. Kami sudah lama menanti ini dan mempersiapkan agar bisa mencapai puncak tertinggi k3-6 di dunia ini. Puncak di Antartika juga merupakan puncak yang paling dingin," kata Ade.

 

Soal riwayat pendakian mereka, tim Vinson Massif sendiri diketahui mendarat di wilayah Punta Arenas, Chile, pada 25 Desember 2017. Sayangnya nih Mates, karena cuaca cukup buruk saat itu, pendakian mereka terpaksa ditunda dan mereka baru bisa melanjutkan penerbangan ke Antartika pada 1 Januari 2018. Pendakian pun dimulai ada 2 Januari 2018.

 

Pada hari pertama, tim melakukan perjalanan dari base camp hingga low camp selama empat jam 30 menit, dan pada keesokannya--3 Januari 2018, tim menetap di low camp sembari berlatih soal cara berpindah menggunakan fixed rope. Dan pada 4 Januari 2018, barulah mereka melanjutkan perjalanan ke high camp.

 

Beranjak di high camp, tim menetap selama dua hari untuk beristirahat sebelum akhirnya melakukan pendakian summit (perjalanan menuju puncak) pada 6 Januari 2018. Tanpa ada kendala apa pun, tim Mapala UI akhirnya berhasil mencapai puncak tertinggi di Antartika, yakni Vinson Massif.

 

Dengan pencapaian gemilang ini, Mapala UI pun berharap mereka bisa mendaki gunung tinggi lain di dunia, termasuk gunung tertinggi Mount Everest. Wah, semoga bisa kesampaian ya. Dengan begini, pencapaian dan prestasi yang dicetak Mapala UI tentu mengharumkan nama bangsa dan bisa membawa Indonesia ke kancah global khususnya dalam ekspedisi pendakian. Sekali lagi, selamat untuk Mapala UI!

 

Gimana dengan kamu sendiri Mates? Udah siap menyusul anak UI menaklukkan puncak tertinggi dunia?

 

By: Jeko

Leave a Comment

  0 Comment

Comment