5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia



wide-2col.jpg
Photo by Ulster University

Pendidikan adalah salah satu infrastruktur terpenting yang menjadi tolak ukur suatu negara. Di Indonesia sendiri, sistem pendidikan kita sudah bisa dibilang cukup baik, Mates. Namun sayang, ternyata negeri kita tercinta ini masih belum masuk ke dalam daftar negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

 

 

Lembaga penelitian Teh Social Progress Imperative, belum lama ini merilis data negara dengan sistem pendidikan terbaik. Terbaik di sini, maksudnya mampu memajukan siswa-siswanya ke taraf kesuksesan yang diharapkan dengan peraturan disiplin dan ketat. Nah, apa saja sih negara-negara yang ada di dalam daftar tersebut? Berikut MyStudyWorld rangkum.

 

1. Korea Selatan

Peringkat jawara diduduki oleh Korea Selatan. Negeri Ginseng ini ternyata dikenal memiliki sistem pendidikan yang terbilang sangat ketat, Mates. 

 

Bayangkan saja, pemerintah di sana memberlakukan wajib belajar selama tujuh hari non stop, tidak ada hari libur meski Sabtu dan Minggu para siswa bisa pulang cepat.

 

Terkait durasi belajar, bagi siswa SD harus menghabiskan waktu belajar mulai dari 08.00 sampai 13.00. Siswa SMP harus menghabiskan waktu dari pukul 08.00 hingga 16.30. Sedangkan siswa SMA menghabiskan waktu sekolah sejak pukul 08.00 hingga 22.00. Kalau di Indonesia, kira-kira siswa di sini kuat tidak ya?

 

2. Singapura

Negara tetangga kita ini ternyata juga memiliki sistem pendidikan terbaik kelas dunia lho, Mates! Tingkat kedisiplinan para siswa Negeri Singa ini juga tak kalah ketatnya dengan Korea Selatan. Tak heran sejumlah universitas dan sekolah terbaik dunia ada di Singapura.

 

Untuk informasi, jenjang pendidikan formal di Singapura terbilang sedikit lebih lama dibanding negara-negara lain. Mereka memulai jenjang dari TK ke SD (Primary School) selama enam tahun. 

 

Barulah setelah itu mereka meneruskan lima tahun berikutnya di Secondary School (SMP dan SMA), lalu beranjak ke level Centralised Institute atau Junior College selama tiga tahun, setelah itu baru masuk ke tingkat universitas.

 

3. Jepang

Bukan Jepang namanya jika tidak memiliki sistem pendidikan terketat di dunia. Bayangkan saja, sama dengan Korea Selatan, siswa di Jepang ternyata juga menghabiskan waktu mereka di sekolah pada Sabtu dan Minggu. Bedanya, beberapa sekolah mewajibkan siswanya untuk melakukan kegiatan ekstrakulikuler selama akhir pekan.

 

Terkait durasi belajar, waktu masuk sekolah siswa di Jepang sedikit lebih siang daripada Indonesia. Mereka biasanya memulai belajar di sekolah sekitar pukul 08.50. Bagi siswa SD menghabiskan waktu dari pukul 08.50-13.00. Untuk siswa SMP sekitar pukul 08.50-15.30 dan siswa SMA akan menghabiskan waktu sekitar 08.50-19.00.

 

4. Hong Kong

Sistem pendidikan di Hong Kong, terbilang mirip dengan sistem pendidikan yang ada di Inggris. Tak heran, Hong Kong menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

 

Hong Kong juga dikenal dengan kurikulum pendidikan yang sangat ketat. Bahkan, pemerintah Hong Kong rela menggelontorkan anggaran yang sangat tinggi demi memaksimalkan sistem pendidikan mereka. Karena itu, banyak sekolah dan universitas di Hong Kong memiliki fasilitas terbaik yang pernah ada.

 

5. Finlandia

Ini dia Mates, negara dengan durasi belajar paling sebentar di dunia. Lho, kok bisa masuk ke daftar negara dengan sistem pendidikan terbaik? 

 

Ya, Finlandia memang memiliki durasi belajar empat hingga lima jam sehari. Jam istirahat pun sangat panjang! Untuk SD, siswa akan belajar sekitar 30-35 menit dengan 15 menit istirahat. Sedangkan untuk SMP, siswa akan belajar 40-45 menit lalu 15 menit istirahat. Nah, siswa SMP dan SMA malah akan belajar mengikuti sistem layaknya kuliah.

 

Namun demikian, jenjang pendidikan formal di negara ini sedikit berbeda. Untuk SD, siswa diwajibkan berusia minimal 7 tahun, negra ini juga tidak memiliki jenjang dari TK atau PAUD. 

 

 

By: Jeko

Leave a Comment

  0 Comment

Comment