It’s Okay To Be Unique



unique-lead-scoring-model.jpg
Photo by Lead Liaison

Hypebeast. Suatu tren yang tidak asing pada zaman sekarang. Dimana banyak anak muda mengikuti trend yang bisa menipiskan uang saku.  Trend Hypebeast tersebut sudah jelas meninggalkan banyak dampak pada masyarakat, baik dalam hal yang positif ataupun negatif. Salah satu dampak positifnya adalah terlahirnya gaya baru dalam dunia fashion. Tren Hypebeast telah membentuk suatu fashion line tersendiri yang di sebabkan oleh keunikan brand dan juga kelangkaannya dalam masyarakat. Namun seiring berjalannya zaman, trend fashion hypebeast sudah bukan sesuatu kelangkaan, melainkan sesuatu yang sudah umum dijumpai dalam masyarakat.

 

Is it a good thing? Kenyataan dimana barang-barang hypebeast sering ditemui di masyarakat adalah bukti bahwa tingginya permintaan masyarakat pada produk-produk hypebeast di lingkungannya. Namun itu, jelas tidak semua masyarakat dapat membeli produk tersebut yang harganya mencapai puluhan juta rupiah, karena tidak semua masyarakat memiliki taraf ekonomi yang tinggi. Namun sebagian dari masyarakat tersebut tetap ingin tampil gaya ala anak hypebeast, sehingga alternatifnya yaitu dengan membeli produk-produk palsu hypebeast. Mengapa demikian? Faktor utama yang menyebabkan fenomena ini adalah tekanan dalam lingkungan sosial.

Lingkungan sosial terkadang mendorong orang untuk mengikuti gaya hidup yang tidak sesuai dengan tingkat ekonominya, menjadikan orang terpacu untuk memiliki gaya hidup serba mewah atau konsumtif demi mendapatkan pengakuan dalam lingkungan sosialnya. Hal ini menjadikan masyarakat cenderung untuk membeli barang KW. Walaupun barang KW terlihat sama persis seperti barang aslinya, tetapi beberapa dari masyarakat masih mengalami tekanan dari sosial karena takut tercyduck menggunakan barang palsu. Maka dari itu, masyarakat yang tidak mampu pun terdorong untuk membeli barang asli.

 

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita untuk berpikir secara kritis ketika membeli produk-produk tersebut. Jika hanya kita beli untuk sekedar gengsi sebaiknya kita tidak usah membeli produk-produk tersebut. Lebih baik uang tersebut disimpan untuk kepentingan lainnya. Apa gunanya kalau kita beli jika kita kesusahan nanti? Tidak ada salahnya kita menghamburkan uang demi fashion tapi kita harus memiliki pola pikir yang bijak. Carilah style dimana kalian merasa nyaman dan tanpa harus merasa terbebani. Tanpa harus dengan gaya hypebeast, kamu masih bisa tampil kece kok! Atau mungkin, kamu bisa membuat style berpakaian kamu sendiri yang eyecatching tapi tidak membuat kantong jebol. Cause, its okay to be unique!

 

By: Giovanny Boy (Kanaan Global School)

Leave a Comment

  0 Comment

Comment